KEPULAUAN RAJA AMPAT|Menarik Hati

Rabu, 26 Oktober 2011 | komentar




Kabupaten Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Wisata bahari Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia.

Pesona dan kekayaan alam bawah laut Raja Ampat, menjadi andalan Kabupaten ini menembus persaingan dunia Pariwisata di Indonesia dan dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia.
Raja Ampat – West Papua

Bahkan Kawasan Raja Ampat kini menjadi salah satu daerah tujuan turis mancanegara yang meminati wisata bahari. Perairan yang jernih, terumbu karang yang menjadi tempat ikan berpijah, dan ikan hias yang indah menjadi daya tarik utama kawasan tersebut.

Raja Ampat berpenduduk kurang lebih dari 50.000 jiwa. Sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan ekowisata, yang berkembang tujuh tahun terakhir. Kabupaten Raja Ampat yang lahir tahun 2003 memiliki kawasan konservasi seluas 429.462 hektar. Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama, yakni Salawati, Wajeo, Lisol, dan Batanta, dengan 640 pulau-pulau kecil.

Kabupaten Raja Ampat di kampung Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua Barat mempromosikan keindahan bawah laut seperti terumbu karang yang luar biasa untuk menarik kunjungan turis mancanegara dan Nusantara ke wilayah itu. Lima kampung wisata yang siap menerima kunjungan wisatawan di antaranya kampung wisata Arborek, Sauwandarek, Sawinggrai, Yenwaupnor serta kampung wisata Yenbuba.


Raja Ampat Village and Cottage
 Lima kampung wisata di kabupaten raja Ampat mempunyai keunikan tersendiri, satu di antaranya kampung wisata Arborek terkenal dengan atraksi alam lautnya melalui “manta point”. Di sana wisatawan, dapat menikmati keindahan gerak gemulai ikan pari manta dengan sayap lebarnya yang menari di atas panggung karang yang penuh warna. Keunggulan lain kampung wisata Arborek masyarakatnya ramah serta pandai membuat kerajinan tangan anyaman, seperti membuat anyaman daun pandan menjadi topi khas Raja Ampat.

Sementara di kepulauan Kampung wisata Sawinggrai, wisatawan dapat menyaksikan langsung kehidupan maskot asli Papua Burung Cenderawasih, untuk menonton burung Cenderawasih secara langsung, maka Pemkab Raja Ampat melalui kampung wisata Sawingrai menyiapkan sebuah gubuk beratap ilalang bagi wisatawan.

Raja Ampat menjadi daerah tujuan wisata di tanah Papua karena dikenal dengan keindahan wisata baharinya yang terbaik di dunia, selain itu lokasinya bisa dijangkau dengan tranpsortasi laut dengan jarak tempuh sekitar 1-1,5 jam dari kota Sorong, Papua Barat.
Pemerintah Kabupaten Raja Ampat sudah mulai serius menggarap sektor pariwisatanya. Beberapa langkah telah dilakukan, yaitu penyelenggaraan Festival Bahari Raja Ampat, pendirian kantor promosi wisata di Bali, serta mengikuti berbagai pameran wisata nasional dan internasional.
 

Saonek sebuah pulau kecil di depan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kabupaten bahari sudah cukup terkenal di dunia. Sunset-nya tidak kalah indah dengan tempat wisata lainnya. Setiap bulan Mei diselenggarakan Festival Bahari Raja Ampat. Salah satu kegiatannya adalah lomba foto bawah air. Berminat untuk ikut lomba tersebut atau hanya sekadar menikmati keindahan alam Raja Ampat?

Bagaimana... Indahkan?
Semoga Anda Tertarik

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Raja Alam Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger