Gunung Lokon Tomohon Sulawesi Utara

Senin, 27 Februari 2012 | komentar

Gunung Lokon adalah salah satu gunung berapi yang aktif, terletak di sebelah barat Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 1.579 meter dari permukaan laut. Lokon memiliki keindahan yang sangat mengagumkan serta kawah yang sangat indah.


Kawah Gunung Lokon

Gunung berapi ini sudah sering meletus, berikut daftar letusan gunung Lokon 
- Tahun 1951. Letusan pada tahun itu tak sehebat tahun 2011  

- Tahun 1991. Letusan yang terjadi pada oktober 1991, memakan korban jiwa, seorang wisatawan yang bernama Vivian Clavel asal Swiss, dia dipastikan tewas tertimbun lahar dingin. Letusan juga menimbulkan kerugian material lebih dari 1 miliar.  

- Tahun 2001. Letusan memuntahkan material debu mencapai lebih dari 400 meter. Akibat tiupan angin, kota Manado yang berjarak sekitar 25 Km dari G. Lokon ditutupi hijan debu.  

- Tahun 2011. Pada 14 Juli 2011, gunung Lokon meletus dengan lontaran material pijar, pasir dan abu dengan ketinggian kurang lebih 1.500 meter, akibat letusan ini, lebih dari 10.000 warga di berbagai desa harus diunsikan ke daerah yang lebih aman. Sehari setelah letusan, dikabarkan dua warga meninggal dunia.


 - Tahun 2012. Diawal tahun ini Gunung Lokon kembali mengeluarkan asap tebal, tepatnya pada hari Jumat, 10 Februari 2012. warga diimbau untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri untuk diunsikan jika ada peningkatan aktivitas Gunung Lokon.



Letuisan Gunung Lokon
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Raja Alam Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger