GOA LONDA WISATA|TORAJA

Minggu, 23 Oktober 2011 | komentar

 



Kuburan Alam Goa Londa
Londa adalah salah satu dari sekian banyaknya obyek wisata yang menarik di Tana Toraja, yang letaknya di desa Tikunna Malenong. Londa merupakan sebuah kuburan alam berupa gua-gua batu di kaki gunung.

Di dalam gua itulah diletakkan jenazah-jenazah dalam sebuah peti yang disebut erong atau duni. Erong adalah semacam peti mati yang terbuat dari kayu yang keras dan kuat. Bagian luar erong ditatah dengan ukiran yang indah.


Sebelum memasuki gua-gua alam, sedikit di atas gua terdapat jajaran patung yang disebut tau-tau yang dibuat dari kayu nangka agar dapat bertahan lama. Tau-tau ini merupakan duplikat dari jenazah yang dimakamkan. Dengan menghitung berapa jumlah tau-tau yang ada, dapat diketahui berapa jenazah yang dimakamkan dalam liang.

Untuk membedakan erong mana yang telah tua, dapat dilihat dari warnanya. Erong yang berwarna hitam adalah erong yang diletakkan ketika mereka masih menganut animisme dan erong yang berwarna coklat adalah erong yang dimasukkan setelah masuknya agama Kristen. Jadi umurnya setua erong yang berwarna hitam. Tapi ada erong yang telah hancur sehingga kerangka-kerangka manusia berserakan di dalam gua itu, Seperti yang ada di Wisata Ke'te Kesu' Toraja.

Jarak tempuh perjalanan ke Tana Toraja sekitar 6 jam dari Kota Makassar.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Raja Alam Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger